HALAQAH ALQURAN

APA ITU HALAQAH AL QUR'AN

Arti Halaqah adalah berkumpul berformasi seperti lingkaran untuk membahas atau mempelajari sesuatu hal yang dipimpin oleh seseorang yang dituakan/ seseorang ahli/ seseorang yang mempunyai keahlian di bidang tertentu. Jadi Halaqah Al Quran  artinya berkumpul dengan membentuk formasi lingkaran yang terdiri dari beberapa orang untuk membahas, mempelajari, menambah wawasan dan mengasah  pengetahuan tentang Al Qur'an, yang dipimpin oleh seorang guru (ustadz dan ustadzah) dengan harapan orang yang erkumpul tadi mendapatkan wawasan yang mendalam, mampu menghafal, , mamahami arti dan isi yang terkadung di dalam Al Qur'an, dengan harapan akan menambah ketakwaan, dan iman Islamnya.

TUJUAN HALAQAH AL QUR'AN
  1. Menjadi hafidz  (hafal) Al Qur'an
  2. Mampu membaca ayat ayat Al Qur'an berdasarkan tajwid yang benar
  3. Mampu mengerti arti dan makna ayat ayat yang terkandung di dalam Al Qur'an
  4. Mampu mengimplementasikan sikap dan prilaku sehari hari sesuai dengan ajaran Al Qur'an


PESERTA BELAJAR
  1. Anak anak
  2. Remaja
  3. Semua murid yang belajar di sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Jum'iyyah Da'wah Islamiyyah (Wajib ikut)
  4. Orang yang baru masuk menjadi muslim (mualaf)
WAKTU BELAJAR

Waktu belajar yang disediakan  setelah shalat subuh (jam 05.00 ), setelah Shalat Ashar (jam 15.00) dan setelah shalat Magrib (jam 18.00). dengan durasi belajar 1 jam selama 6 hari seminggu dan berlangsung selama 1 tahun. Khusus bagi murid murid yang sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan jum'iyyah Da'wah Islamiyyah, berlangsung hingga murid murid menyelesaikan atau menamatkan masa pendidikan di sekolahnya.

SISTEM BELAJAR DAN KURIKUM

Kami merancang satu sistem pembelajaran berdasarkan kemampuan dasar dan pengetahuan dasar peserta didik/santri terhadap Al Qur'an. Bagi santri putra dipandu oleh seorang ustadz dan bagi santri putri dipandu oleh ustadzah. Didalam proses belajar mengajar ustadz dan ustadzah akan membimbing dan mengarahkan santri tentang ada membaca, dan tajwid Al Qur'an dengan benar. Selama berlangsungnya proses belajar mengajar ustadz dan ustadzah akan menguji kemajuan (progress) para santri baik dalam menghafal, tajwid, memahami arti dari ayat demi ayat yang ada di Al Qur'an, Bila ada santri yang mengalami kemajuan (progress) yang pesat, santri tersebut akan di masukan ke dalam satu kelompok yang memiliki kemampuan yang sama.

TEMPAT BELAJAR.

Disediakan tempat belajar yang terpisah antara santri putra dan putri, untuk putra dibimbing oleh ustadz dan putri oleh ustadzah dengan lokasi yang terpisah. Untuk putra di  Masjid Jam'i Al Fadillah di jl Tb Hasan, Ciseke Rangkasbitung, dan untuk Putri di Masjid Umar Bin Khattab, Jl Siliwangi, Pasir Ona, Rangkasbitung. Lokasi bisa dilihat di peta.

PENDAFTARAN

Untuk tahun ajaran 2015-2016 progam Halaqah Al Qur'an ini telah kita mulai sejak awal Ramadhan 2015, tapi kami tidak menutup bagi santri yang berasal dari luar sekolah lain yang berada di luar naungan Yayasan Jum'iyyah Da'wah Islamiyyah dan bagi para mualaf yang ingin mendaftarkan diri dan menjadi santri di pondok pesantren kami. Pendaftaran masih terbuka bagi masyarakat umum dan mualaf yang ingin mendaftarkan diri atau mendaftarkan putra dan putrinya untuk belajar Al Qur'an dan bergabung bersama santri santri kami yang lainnya, hingga akhir Ramadhan 2016 nanti.

CONTACT PERSON:

Bagi masyarakat umum atau mualaf yang ingin mendaftarkan menjadi satri Halaqah Al Qur'an di Pondok Pesantren Ad Da'wah silahkan menghubungi Ustadz Mursalin 0877-7148-1923


Santriwati tafidz Al Qur'an
Santri Tafidz anak anak
Para Santriwati Remaja Sedang Menghafal Al Qur'an